RSS

e-DDC Edition 23 Version 3.3 Updated

e-DDC Edition 23 Version 3.3 Updated


To celebrate "Visit Library Day" September 14, e-DDC Edition 23 Version 3.3 Updated has released!

Introduction
Dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan 14 September sekaligus memperingati Bulan Gemar Membaca, e-DDC Edition 23 Version 3.3 Updated resmi dirilis. Sejak pertama kali dikembangkan pada tahun 2009 dan dirilis pertama kali pada tanggal 17 April 2010, e-DDC telah mengalami beberapa kali perkembangan yaitu sebegai berikut:
  1. e-DDC (Version 1) dirilis 17 April 2010,
  2. e-DDC (Version 1.2) dirilis tanggal 23 Agustus 2010,
  3. e-DDC Edition 22 (Version 2.1) dirilis tanggal 2 Desember 2010,
  4. e-DDC Edition 22 (Version 2.2) dirilis tanggal 12 Oktober 2011,
  5. e-DDC Edition 22 (Version 2.3) dirilis tanggal 6 Oktober 2012,
  6. e-DDC Edition 23 (Version 3.1) dirilis tanggal 20 Desember 2012,
  7. e-DDC Edition 23 (Version 3.2) dirilis tanggal 26 Maret 2013,
  8. e-DDC Edition 23 (Version 3.3 beta) dirilis tanggal 10 Mei 2014, dan yang terkini:
  9. e-DDC Edition 23 (Version 3.3 Updated) dirilis tanggal 14 September 2014.

Ada beberapa perbedaan antara e-DDC Edition 23 Version 3.3 Updated dengan versi-versi sebelumnya, tentu saja, yang paling utama adalah dari segi konten di mana diharapkan e-DDC Edition 23 Version 3.3 Updated semakin lengkap dan semakin memenuhi kebutuhan semua jenis perpustakaan dalam hal melakukan proses klasifikasi berdasarkan Sistem Klasifikasi DDC.

About e-DDC Edition 23 Version 3.3 Updated
Adapun ciri khas e-DDC Edition 23 Version 3.3 Updated adalah sebagai berikut:

  • Notasi klasifikasi Agama Islam 297 dan 2X0 diupdate sehingga lebih lengkap dari pada versi sebelumnya. Notasi klasifikasi Agama Islam 297 disusun berdasarkan DDC Edisi 23 (cetak) serta Webdewey (trial version) sedangkan notasi klasifikasi Agama Islam 2X0 disusun berdasarkan buku "Daftar Tajuk Subjek Islam dan Sistem Klasifikasi Islam" terbitan Departemen Agama RI tahun 2003. Hal ini sudah diupayakan sejak e-DDC generasi awal (e-DDC Version 1) dan menjadikan e-DDC sebagai satu-satunya aplikasi untuk menentukan nomor klasifikasi DDC yang mengakomodasi  kedua notasi klasifikasi Agama Islam (297 dan 2X0) tersebut. Pustakawan boleh menggunakan salah satu di antara notasi 297 atau 2X0 tersebut sesuai kebutuhannya masing-masing.
  • Disediakan opsi penomoran (option number) untuk notasi bahasa Indonesia yaitu menggunakan nomor klasifikasi 410 atau 499.221. Notasi bahasa Indonesia under 410 disusun sebagaimana petunjuk dalam Schedules DDC Edisi 23 Volume 2 halaman 931 Option A yang berbunyi: "to give local emphasis and a shorter number to a specific language other than English, e.g Russian, class it here and add to base number 41- as instructed under 420 - 490." Hal ini pernah diupayakan oleh Towa P. Hamakonda dan JNB. Tairas dalam buku "Pengantar Klasifikasi Persepuluhan Dewey". Dikarenakan sudah terdapat petunjuk dalam Schedules DDC Edisi 23 tersebut, maka tidak ada salahnya jika pustakawan menggunakan notasi dasar 410 untuk nomor klasifikasi bahasa Indonesia untuk mendapatkan penomoran yang lebih luas. Namun apabila memilih menggunakan nomor dasar 499.221 sebagaimana yang sudah disediakan pada bagan DDC Edisi 23 juga diperkenankan. Pada intinya, pustakawan boleh menggunakan salah satu di antara notasi 410 atau 499.221 tersebut sesuai kebutuhannya masing-masing.
  • Untuk kasus yang hampir sama, juga disediakan opsi penomoran (option number) untuk notasi sastra Indonesia yaitu menggunakan nomor klasifikasi 810 atau 899.221. Notasi sastra Indonesia under 810 disusun sebagaimana petunjuk dalam Schedules DDC Edisi 23 Volume 3 halaman 794 yang berbunyi: "to give local emphasis and a shorter number to a specific literature other than American literature in English, e.g Afrikaan literature, class it here and in that case class American literature in english in 820." Sama dengan di atas, hal ini juga pernah diupayakan oleh Towa P. Hamakonda dan JNB. Tairas dalam buku "Pengantar Klasifikasi Persepuluhan Dewey". Dikarenakan sudah terdapat petunjuk dalam Schedules DDC Edisi 23 tersebut, maka sekali lagi tidak ada salahnya jika pustakawan menggunakan notasi dasar 810 untuk nomor klasifikasi sastra Indonesia untuk mendapatkan penomoran yang lebih luas. Namun apabila memilih menggunakan nomor dasar 899.221 sebagaimana yang sudah disediakan pada bagan DDC Edisi 23 juga diperkenankan. Dan sekali lagi pada intinya pustakawan boleh menggunakan salah satu di antara notasi 810 atau 899.221 tersebut sesuai kebutuhannya masing-masing.
  • Terdapat tambahan notasi untuk tema-tema baru yang hanya terdapat pada DDC (cetak) Edisi 23 yang tidak terdapat pada edisi sebelumnya, seperti 004.6782 untuk cloud computing, 006.752 untuk web blog, sedangkan nomor 777 untuk sinematografi yang pada DDC (cetak) Edisi 23 kembali ditampilkan setelah pada edisi-edisi sebelumnya nomor tersebut (777) tidak digunakan, juga relokasi dari 297.124 (DDC sebelum edisi 23) ke 297.125 (mulai DDC Edisi 23) untuk Hadith. Hal ini cukup menunjukkan bahwa konten e-DDC memang update sesuai dengan DDC (cetak) Edisi 23. 
  • Khusus untuk e-DDC Edition 23 Version 3.3 Updated, konten e-DDC yang berkenaan dengan bagan klasifikasi DDC telah dilakukan verifikasi oleh pustakawan-pustakawan yang berkompeten dari Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Jawa Timur, untuk menghindarkan kesalahan penempatan nomor klasifikasi.  
  • Ciri khas paling unik pada e-DDC Edition 23 Version 3.3 Updated adalah fitur "Basmalah", yaitu bacaan "Basmalah" yang akan terdengar setiap pertama kali mengakses halaman awal (home) e-DDC. Bacaan "Basmalah" juga akan kembali terdengar setiap halaman Agama Islam 297 dan 2X0 diakses. Namun, apabila dikarenakan suatu alasan tertentu fitur "Basmalah" ingin dinonaktifkan, cukup dengan meremove file "Basmalah.mp3" dalam folder instalasi default e-DDC yaitu di C:/Program Files/e-DDC/e-DDC Edition 23.


Demikian, sekali lagi e-DDC dibuat dan dikembangkan semata-mata hanyalah untuk membantu pustakawan dan penggiat perpustakaan dari lintas disiplin ilmu dalam rangka menentukan nomor klasifikasi DDC. Apabila mempunyai cukup dana, tetap direkomendasikan untuk menggunakan bagan asli klasifikasi DDC terbaru (DDC Edisi 23) atau Webdewey demi keabsahan penomoran. e-DDC tidak ditujukan untuk kepentingan komersial atau semacamnya. Maka diharapkan e-DDC dapat turut memperkaya khazanah keilmuan khususnya yang berkaitan dengan ilmu perpustakaan dan ilmu informasi di Indonesia. Akhirul kata, tiada gading yang tak retak, masukan dan saran akan sangat diharapkan demi perkembangan e-DDC di masa mendatang.

NB: berkaitan dengan hal-hal mengenai hak cipta e-DDC dan lain-lain dapat disimak di halaman FAQ.

Salam damai,

Rotmianto Mohamad

Download
https://www.4shared.com/zip/CgtfDoUZ/The_New_e-DDC.html

46 komentar:

Ari Es mengatakan...

Mantaps Gan, siap bantu sebarluaskan gan. :-)

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Mas Ari: thanks supportnya, gan.. semoga yg membuat & yg turut menyebarkannya sama2 mendapat pahala amal jariyah dari Allah SWT..aamiin :)

Aril Apria Susanto mengatakan...

Mantaps!!!!
Semoga amal ibadah Mas Rotmianto dalam membuat eDDC ini diterima Allah SWT.
Ijin unduh dan bagikan.

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Mas Aril: thanks supportnya, gan.. semoga yg membuat & yg turut menyebarkan serta mengajarkannya pada yg membutuhkan sama2 mendapat pahala amal jariyah dari Allah SWT..aamiin :)

PakneWafa mengatakan...

bagus ,,,, ijin share

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ PakneWafa: siapp, gan.. semoga yg membuat & yg turut menyebarkan serta mengajarkannya pada yg membutuhkan sama2 mendapat pahala amal jariyah dari Allah SWT..aamiin :)

Anonim mengatakan...

Kontribusi panjenengan sangat banyak bermanfaat mas Rotmianto. Semoga karya ini membuat hidup panjenengan berkah, sukses selalu.
Sebaik-baik orang adalah yang berguna untuk orang lain

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Anonim: aamiin..sama2 pak/bu/mas/mbak, doa yg sama jg untuk anda di manapun berada :)

Anonim mengatakan...

maaf mas, kok saya kesulitan men downloadnya.

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Anonim: kalau kesulitan download, silakan kirim email permintaan ke rotmianto[at]yahoo.co.id atau via FB Rotmianto Mohamad. jng lupa sertakan nama & asal instansi.

Ratna Damayanti mengatakan...

Terimakasih banyak pak Rot, program e-DDC sangat membantu dan mempercepat pekerjaan pustakawan, benar2 amal jariyah yg senantiasa akan mengalir sampai akhir teknologi, jdi iri...apa ya amal jariyah ku... ^_^

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Ratna: sama2 bu tentara.. :D .btw jangan kuatir, setiap orang pny amal sendiri2.... :)

Anonim mengatakan...

passwordnya apa om

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Anonim: siapa/dari mana nih pak/bu/mas/mbak? kok identitas gak jelas??.. passwordnya ada di folder e-ddc edition 23 version 3.3 updated kalau sudah diunzipp. tapi dari pada kelamaan, ini passwordnya: damai

Achad Ars mengatakan...

terimakasih pa aplikasinya,
tapi ada kendala saat saya mau mencari judul buku di search dengan dua kalimat ato lebih, tidak direspon. kecuali satu kalimat baru direspon. apa solusinya pa? trims

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Achmad Ars: sama2, Pak Achmad. Bagini pak, untuk optimaslisasi pencarian menggunakan e-DDC, coba Bapak buka tab "Quick Guide e-DDC", nah di situ dijelaskan dalam rumus pencarian apabila menggunakan lebih dari 1 kalimat hasil tidak keluar, maka ringkaslah menjadi 1 kalimat saja. namun hal itu tidak menutup kemungkinan pencarian dg 2 kalimat atau lebih pun hasilnya bisa juga keluar. Jangan lupa hasil pencarian pun harus benar2 ditelaah di bagan klasifikasi yg disediakan di e-DDC barangkali ada nomor yg lebih sesuai. Btw yg Bapak cari ttg apa? barangkali sy bisa membantu.

Fiyya Umniyyati mengatakan...

makasih bgt....

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Fiyya: sama2 mbak/bu Fiyya :)

Biting Tipis mengatakan...

bang mau tanya, a[likasinya kok g bisa kebulka ya?
muncul peringatan: Cannot open the file:@MSITStore:C:/Program Files/e-DDC Edition 23/e-DDC Edition 23.chm.

solusinya bang....thanks

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Biting Tipis: pakai windows kan, Gan? biasanya selalu dapat dibuka normal disemua keluarga windows. ada beberapa kemungkinan: ada systems di windows yg berguna untuk meloading file bereksistensi .chm yg corrupt. mungkin kena virus atau instalasinya (maaf, ini kemungkinan yg biasa terjadi:) pakai cd oprekan. cara mengatasinya: coba Agan instal e-ddc di komputer/laptop lain. atau instal ulang komputer/laptop Agan. Insya Allah, 99% bisa (*sudah banyak diuji coba).

Anonim mengatakan...

perhatikan tuh copyrightnya...punya oclc. jgn biasakan nyebarkan aplikasi bajakan!!!

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ anonim: sebelum menilai legalitas suatu produk, sebaiknya (mohon maaf) Anda lihat diri sendiri dulu: Anda kemungkinan besar pakai OS windows, nah itu windows bajakan apa legal/berlisensi? terus Word yg Anda pakai apa legal juga? jadi menurut hemat saya, kalau Anda masih pakai aplikasi bajakan jangan terus menghakimi produk laih tidak legal! Jangan munafik lah pak/mas/mbak/bu anonim...lagian e-ddc ini tidak diperjualbelikan, hanya untuk membantu kemajuan dunia perpustakaan di Indonesia yg mana masih banyak pustakawan terutama di daerah2 yg masih banyak kekurangan fasilitas. e-ddc adalah solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Jadi Anda kalau tida/belum punya solusi tolong janganlah berstatemen yg enggak2 alias NATO (No Action Talk Only).. demikian pak/mas/mbak/bu anonim, semoga Anda membaca balasan sy ini dimanapun Anda berada.

muhammad fickry mengatakan...

sukses slalu buat kang rotmianto, aplikasi ini saya membantu,.. terus berkaya demi kemajuan bangsa. mungkin k dpannya bisa d tambah mp3 al-qur'an :)

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Muh. Fickry: wah, kalau kebanyakan mp3 ntar aplikasinya jadi berat dong gan...hehehee....
ok gan, thanx atas komen & supportnya. salam damai & smg sukses selalu :)

Insan Kamil mengatakan...

kang rotmianto, keren Untuk E ddc Terbarunya Update terus Salam Pustakawan

Insan Kamil mengatakan...

Salam perpustakaan... Trims Tuk kang Rotmianto Mohamad

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Insan Kamil: sama2 gan, salam pustaka & salam damai selalu :)

Yanie Lieanfa mengatakan...

mas pas saya klik no klas utama msl 000 muncul tulisan script error. kenapa ya?
tetapi tetep bisa dibuka sii. terimakasih

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Yanie: yg spt itu biasanya windowsnya yg agak error. coba instal di komputer lain, yg windowsnya masih sehat, insyaAllah lancar jaya 100% :D

yuniharvita mengatakan...

kok sy gak bs download ya.....???

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Yuniharvita: kalau kesulitan donlod, silakan add fb sy "Rotmianto Mohamad" (Leader of Team e-DDC), ntar sy kirim via inbox.
*inilah asiknya e-DDC, bisa dikirim2 via FB karena ukurannya yg mini (tapi hasilnya insya Allah maksi...hehehe).

supri yantoro mengatakan...

sangat, sangat, sangat membantu... semoga mendapat amalan yang setimpal... salam sukses buat para pustakawan.

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Supri Yantoro: aamiin... terima kasih atas support & doanya pak. salam sukses jg selalu :)

Bang Zali mengatakan...

sangat dan sangt membantu ilmu bos Rotmianto Mohamad semoga bermnfaat tuk semua thakyu salam satu nusa satu bahasa satu pustakawan :D

Bang Zali mengatakan...

sangat dan sangat membantu buat para pustakawan kususnya
makasih Bos Rotmianto Mohamad semoga ilmu bermanfaat

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Bang Zali: sama2 gan...monggo kalau ada masukan & please join e-ddc group: https://www.facebook.com/groups/electronic.DDC/ :)

sri wahyuni mengatakan...

terima kasih pak... eddc sangat membantu saya dlm pengklasifikasian. tidak perlu repot lagi. Jazakallah

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Sri Wahyuni: Alhamd..berarti kerjaan sy ndak sia2... sama2 bu :D

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Saya Pustakawan SD UMP, Saya merasa sangat terbantu sekali dengan Software ini dan sangat mempermudah saya dalam proses Klasifikasi bahan pustaka. terima kasih banyak Pak Rotmianto. Jazakumullahu khairan katsira
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Anonim: alhamdulillah..sama2 pak/bu...smg sukses slalu. n kalau masih ada pertanyaan seputar e-ddc atau klasifikasi bs disampaikan via grup fb e-DDC https://www.facebook.com/groups/electronic.DDC/

Pakaian Etnik mengatakan...

Mas Rotmianto, tolong ajarin saya download E-DDC ini dong kok aq nggak bisa2 yah heee

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@Pakaian Etnik: ada alternatif mendonlod yg sangat gampang, tanpa banyak step & iklan, cukup join dg grup resmi e-DDC di FB. cai sj dg kata kunci e-DDC. selamat join.

stenly mengatakan...

TERIMA KASIH bagi yang udah upload, jazakallahu khairan

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ stenly: sama2.

Ajit Rangdal mengatakan...

i cant download

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Ajit: for further information please follow our group in fb: e-DDC

Posting Komentar

© 2009 e-DDC | Design: Rots | Pagenav: Rotmianto Top